Bexaroterie, Obat Kanker Yang Bisa Digunakan Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Para ilmuwan telah mendeteksi sejumlah obat yang dapat membantu mencegah terhadap penyakit Alzheimer – demensia paling umum yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa pada penderita dan secara perlahan bertindak seperti statin yang dapat menurunkan kolesterol jahat pada otak.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti University of Cambridge , Lund University, dan University of Groningen mengungkapkan bahwa  obat kanker, Bexaroterie dapat digunakan untuk mencegah  penyakit Alzheimer. Penelitian ini dilakukan pada cacing nematoda  yang telah diprogram secara genetik untuk mengembangkan gejala penyakit Alzheimer. Obat Bexaroterie itu terbukti mengganggu langkah pertama dalam proses pembentukan plak amiloid, yakni gumpalan beracun dari protein yang ada di otak orang-orang dengan penyakit Alzheimer. Dan ketika diberikan cukup dini, Bexaroterie dapat sepenuhnya menekan pembentukan plak amiloid di cacing.

Dr Doug Brown, Direktur Penelitian dan Pengembangan di Masyarakat Alzheimer mengatakan bahwa Penelitian sebelumnya melihat Bexaroterie, obat kanker untuk membersihkan plak amiloid dari otak pada penyakit Alzheimer belum berhasil diterapkan pada manusia. Hal ini menunjukkan bahwa obat tersebut harus diuji pada tahap sangat awal dari Alzheimer karena dapat menghentikan plak amiloid dari pembentukan di tempat pertama. Bexarotene memiliki banyak efek samping bila digunakan untuk mengobati limfoma, seperti keluhan kulit, sakit kepala, dan sakit, sehingga penelitian lanjutan juga diperlukan untuk memastikan bahwa obat Bexaroterie aman bagi penderita Alzheimer yang menggunakan terapi dengan obat ini

Bexaroterie, Obat Kanker Yang Bisa Digunakan Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer