Biomarker Baru, Tes Baru Untuk Biomarker Kanker dan Diabetes, 1000x Lebih Rinci

biomarker

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Warwick menunjukkan adanya tes baru untuk mendeteksi biomarker untuk kanker dan diabetes yang 1000x lebih rinci dan 100 % lebih cepat dari metode yang ada. Tes ini dinamakan 2D Mass Spectrometry (2DMS). Dalam tes ini menyediakan alat baru dalam perkembangan penelitian kedalam struktur dan fungsi protein : Proteomika.

Penelitian dikembangkan untuk melakukan studi rinci kolagen, para peneliti berpendapat bahwa metodologi yang sama dapat digunakan dengan sampel berbasis protein dan saat ini sedang diuji dengan sel-sel kanker dan protein yang relevan dengan diabetes tipe II. Para peneliti menemukan bahwa kolagen merupakan protein besar yang dapat diiris menjadi fragmen yang lebih kecil dan dianalisis dengan spektrometri massa multidimensi untuk menghasilkan data yang 1000x lebih rinci dari sebelumnya dan 100 % lebih cepat daripada menganalisis sampel yang sama dengan teknik yang ada.

Professor Peter O’Connor dari departemen kimia universitas Warwick yang merupakan pemimpin dari penelitian ini mengomentasi tes 2DMS dan potensinya. Professor tersebut mengungkapkan bahwa dalam setiap sel kanker setidaknya ada satu juta peptida yang terdiri dari mesin protein yang memungkinkan sel untuk berfungsi. Dengan memahami struktur dan kimia dari semua peptida dan protein akan memungkinkan pengobatan terobosan bisa dikembangkan, karena 2DMS menyediakan alat baru untuk mempelajari mereka dalam jauh lebih detail dari sebelumnya. Prinsip kerja 2DMS terinspirasi oleh alat-alat dari bidang resonansi magnetik nuklir dimana sinyal tersebar pada kanvas multidimensi oleh modulasi sinyal tertentu dalam sampel dan kemudian melacak modulasi frekuensi tersebut di sinyal akhir.

Metode 2DMS memodulasi intensitas ion sinyal dengan cara membawa lebih banyak fragmen sinyal ion. Oleh karena itu, memungkinkan para peneliti untuk mengkorelasikan fragmen sinyal ion individu dengan ion prekursor mereka. Sehingga secara efektif memungkinkan sequencing setiap molekul dalam sampel secara bersamaan. Sejak kolagen memiliki lebih dari 400 sinyal peptida individu, metode 2DMS dapat menghemat waktu lebih besar karena tidak perlu untuk adanya isolasi individual danĀ  pembuatan serial fragmen masing-masing. Mereka semua bersama-sama terfragmentasi secara paralel, dan kemudian data dapat diekstraksi ke scan framen individu.

Pada awalnya aplikasi ini dari 2DMS berasal dari proyek tesis sarjana dari Universitas Warwick Kimia, Hayley Simon . Awalnya penelitian ini bertujuan untuk menemukan semua ikatan silang yang dikenal di kolagen. Namun dia menemukan kesulitan dalam mengolah data karena harus mengisolasiĀ  lebih dari 400 ion prekursor peptida dan urutan mereka secara individu. Ibu Simon kemudian memutuskan untuk mencoba teknik 2DMS baru dan berhasil mencapai tingkat yang luar biasa dari pemisahan dan informasi sangat rinci. Ketika dipelajari oleh spektrometri massa, banyak spesies dalam sampel kolagen yang dicerna mirip. Biasanya, pemisahan spesies seperti ini tidak akan mungkin tanpa menjalankan banyak percobaan. Dengan menggunakan 2DMS, mereka mampu mengumpulkan informasi tentang segala sesuatu yang diamati dalam sampel kolagen hanya dengan melakukan satu kali percobaan. Setelah pengolahan, hasil disajikan sebagai spektrum tunggal, memungkinkan pola yang akan mudah dikenali. Hal ini membantu mengidentifikasi komponen dalam sampel, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk menentukan informasi struktural tentang protein.

Sumber :http://www.sciencedaily.com/releases/2015/12/151217082436.htm

Tes Baru Untuk Biomarker Kanker dan Diabetes, 1000x Lebih Rinci