Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Harapan Baru Untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Imatinib atau yang lebih dikenal gleevac merupakan obat yang disetujui untuk mengobati berbagai bentuk kanker leukimia terutama chronic myeloid leukemia (CML). Namun, menurut hasil penelitian dari para ilmuwan Scripps Research Institute di Amerika Serikat,  Hyndai Pharm Co, Ltd perusahaan yang berbasis di Korea Selatan, dan Universitas Nasional Seoul serta Ulsan National Institut Sains dan Teknologi ( UNIST ) mengemukakan bahwa Imatinib atau gleevac dapat digunakan untuk mengobati diabetes tipe II. Para tim peneliti mengidentifikasi untuk pertama kalinya melalui kontrol dari PPAR. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Gleevec menurunkan tingkat resistensi insulin, sehingga mengurangi resiko dari hiperglikemia dan obesitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipimpin oleh Prof. Jang Hyun Choi (SITH) dari UNIST mengemukakan bahwa obat-obatan berbasis TZD bekerja secara efektif untuk meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot rangka dan jaringan perifer lainnya. Dalam rangka untuk mengembangkan obat jenis baru dari yang memiliki efek samping yang lebih sedikit, kami telah telah menemukan senyawa baru yang dapat menjaga kadar gula darah stabil. Di antara obat sensitisasi insulin, TZD adalah kelas terapi yang selektif untuk PPAR, yang memainkan peran sentral dalam tubuh untuk metabolisme glukosa, lemak, dan mengontrol respon imun dan inflamasi.

Dalam studi tersebut, tim mengamati bahwa fosforilasi PPAR berkaitan erat dengan diabetes. Mereka juga menemukan bahwa penghapusan asam fosfat dari PPAR menunjukkan efek anti-diabetes. Untuk menentukan apakah asam fosfat terikat untuk PPAR, tim mengembangkan prosedur penyaringan kimia baru dengan menggunakan screening fosforilasi yang tinggi, tim menemukan bahwa Gleevec blok CDK5-dimediasi PPAR fosforilasi sebagai antagonis ligan PPAR.

Prof. Choi menyatakan bahwa meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan Gleevec mungkin menunjukkan sensitivitas terhadap  insulin dan menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Namun penyebab pasti belum terbukti. Dia melanjutkan bahwa melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa Gleevec yang digunakan dalam obat leukemia dapat menghambat fosforilasi PPAR. Selain itu, saat diuji dengan diet makan lemak tinggi pada tikus, Gleevec menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin tanpa menyebabkan efek samping yang parah dengan penargetan obat PPAR lainnya.

Para peneliti mencatat bahwa Gleevec juga ditemukan untuk mengurangi ekspresi gen lipogenik dan gluconeogenic di hati dan meningkatkan peradangan dalam jaringan adiposa. Peningkatan browning putih jaringan adiposa (WAT) dan pengeluaran energi juga terlihat dengan Gleevec. Secara bersama-sama, Gleevec menunjukkan efek menguntungkan yang lebih besar daripada glukosa / metabolisme lipid dan homeostasis energi dengan memblokir PPAR fosforilasi. Dengan data ini menggambarkan bahwa Gleevec bisa menjadi agen terapi baru untuk digunakan dalam resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

https://www.sciencedaily.com/releases/2016/03/160328101630.htm

Harapan Baru Untuk Penderita Diabetes Tipe2
Tagged on:         

Leave a Reply

%d bloggers like this: