Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

stem cellScienceDaily  —Para peneliti dari MIM (Hospital del Mar Medical Research Institute) telah memecahkan fungsi yang dilakukan oleh protein yang dinamakan β-catenin dalam menghasilkan stem cell jaringan darah. Sel-sel ini juga disebut dengan hematopoietic, digunakan sebagai sumber untuk transplant yang membentuk bagian dari terapi untuk melawan berbagai tipe leukemia. Hasil yang diperoleh akan membuka pintu untuk memproduksi stem sel ini di laboratorium dan oleh karena itu akan meningkatkan kualitas dan kuantitas prosedur pembedahan. Hal ini akan memungkinkan pasien yang tidak memiliki donor yang cocok untuk dapat merasakan keuntungan penemuan baru ini di masa mendatang.

Protein ini juga memainkan peran penting dalam sel yang berasal dari beberapa tipe leukemia. “paralelisme anatara stem sel normal dan leukemia membuktikan kepada kita bahwa jalur molekuler yang mengatur kedua populasi adalah sama. Untuk alasan inilah, kerja kami akan membantu untuk memahami asal usul penyakit tersebut’, kata Dr. Bigas.

selain daripada itu, setiap organ tubuh kita memiliki tipe lain stem sel yang memiliki kapasitas untuk menghasilkan semua sel dalam jaringan yang masih dipertanyakan. Dimana, sel-sel tersebut hanya terbentuk pada tahap embrionik dan terjaga sampai sisa hidup kita. Stem sel hematopietic adalah bagian dari darah dan ketika ditransplantasikan maka akan mengawali terbentuknya sel dari semua jaringan.

Ditemukan stem cell untuk transplantasi