autoimuneGrave’s Disease Penyakit Autoimun

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Graves disease berasal dari nama Robert J. Graves, MD, circa tahun1830, adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan hipertiroidisem (produksi berlebihan dari kelenjar tiroid) yang ditemukan dalam sirkulasi darah. Graves disease lazim juga disebut penyakit Basedow. Struma adalah istilah lain untuk pembesaran kelenjar gondok. Gondok atau goites adalah suatu pembengkakan atau pembesaran kelanjar tiroid yang abnormal yang penyebabnya bisa bermacam-macam. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada orang muda usia 20 – 40 tahun terutama wanita, tetapi penyakit ini dapat terjadi pada segala umur . Kelenjar tiroid dalam keadaan normal tidak tampak, merupakan suatu kelanjar yang terletak di leher bagian depan, dibawah jakun. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid yang berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh sehingga tercapai pertumbuhan dan perkembangan yang normal.

Graves’ disease tubuh mulai membuat antibodi yang menyebabkan kelenjar tiroid membuat hormon yang lebih dari biasanya. Graves’ disease adalah penyebab paling umum Hipertiroidisme.

Di sini limfosit b dan t mulai membuat antibodi terhadap kelenjar tiroid disebut – merangsang tiroid immunoglobulin (TSIs). Antibodi ini menargetkan 4 protein yang berbeda dalam tiroid. Ini termasuk:

  1. Thyroglobulin
  2. Tiroid peroxidase
  3. Natrium-iodida symporter
  4. Tiroid merangsang hormon (TSH) reseptor

Dalam kondisi normal tiroid merangsang hormon (TSH) bertindak pada reseptor kecil lebih dari kelenjar tiroid dan membuat tiroid menghasilkan hormon T3 dan T4. Antibodi utama yang mengarah ke kuburan ‘s penyakit yang ditujukan terhadap reseptor TSH.

Antibodi berperilaku seperti TSH dan mengikat TSH reseptor pada sel tiroid menyebabkan kelenjar tiroid untuk tumbuh dalam ukuran menuju gondok atau pembengkakan kelenjar tiroid. Selain itu, antibodi ini juga merangsang folikel tiroid untuk menghasilkan lebih banyak hormon tiroid. Ini menimbulkan fitur Hipertiroidisme.

Tiga antibodi lain memiliki kurang dari peran dalam patofisiologi Graves’ disease tetapi dapat dinilai untuk melihat perkembangan penyakit ini. Selain itu, sekitar 5% dari mereka dengan anti-thyroid peroxidase antibodi dan TSI mungkin menjadi hipotiroid dengan waktu. Ini berarti mereka kelenjar tiroid mensekresikan hormon kurang daripada yang diperlukan. Beberapa pasien menghasilkan antibodi yang memblokir daripada merangsang TSH reseptor dan ini juga dapat mengakibatkan hipotiroidisme.

Perempuan lebih rentan terhadap kondisi autoimun, hingga delapan kali lebih umum pada wanita daripada pria. Selain itu, mereka yang menderita dari atau dengan anggota keluarga yang menderita kondisi lain autoimun seperti insulin – dependent diabetes, rheumatoid arthritis, vitiligo dan karena pernicious anemia berada pada risiko lebih besar mendapatkan Graves’ disease. Penyakit umumnya mempengaruhi orang-orang antara usia 20 dan 40. Namun Graves’ disease dapat mempengaruhi laki-laki dan orang-orang dari usia lain juga.

Gen mungkin juga memainkan peran adalah risiko Graves’ disease. Beberapa keluarga memiliki lebih dari satu kasus dan kondisi yang tampak berjalan dalam keluarga. Beberapa gen yang diduga untuk membawa kondisi dari orang tua untuk keturunan termasuk gen kode untuk CD40, CTLA-4, thyroglobulin, TSH reseptor dan PTPN22. Lokus gen spesifik telah diidentifikasi. Ini dapat bervariasi di antara kelompok ras dan etnis yang berbeda.

Pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan adalah:

  1. T4, T3 serum (pada tirotoksikosis hanya T3 yang mungkin meningkat, T4 mungkin dalam batas normal)
  2. Antibody tiroid (antitiroid globulin dan antibody antimikrosomal) mungkin sedikit meningkat pada penyakit Graves’.
  3. ‘Uptake’ yodium radioaktif dan scan pada kasus-kasus tertentu.
Grave’s Disease Penyakit Autoimun