Hormon Yang Bisa Membuat Hidup Lebih Lama, FGF21

hormon

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Setiap orang pasti menginginkan hidup sehat lebih lama. Namun masih banyak orang yang belum menemukan rahasia hidup sehat yang sebenarnya. Para peneliti menemukan sebuah rahasia baru dari hati, di mana hati memproduksi sebuah hormon yang dapat mengontrol kelenjar thymus. Hormon ini disebut Fibroblast growth factor 21 atau FGF21.

Sebuah hasil penelitian dari Yale School of Medicine menunjukkan bahwa hormon FGF21 mampu memperpanjang usia tikus percobaan. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa adanya peningkatan jumlah hormon FGF21 dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang dengan usia lanjut.

Timus adalah organ limfoid dalam sistem kekebalan tubuh yang mengembangkan sel T, yang merupakan agen dalam tubuh yang berfungsi melawan infeksi dalam tubuh. Ini berarti bahwa keberadaan sel T cukup penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, seiring dengan pertambahan usia, kita kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel T ini. Tingkat sel T yang rendah dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, terutama pada orang yang berusia lanjut. Sehingga mereka lebih beresiko terkena infeksi, seperti pneumonia.

Selain membantu menghasilkan sel T, FGF21 juga dikenal sebagai hormon endoktrin yang mengelola metabolisme, penurunan berat badan, dan kadar glukosa. Hormon ini bahkan telah dikaitkan dengan pembakaran lemak cokelat (lemak baik) dan berperan dalam memerangi obesitas. FGF21 memiliki kemampuan untuk menekan nafsu makan yang berperan dalam mengendalikan asupan kalori. Oleh karena itu, FGF21 juga diduga mampu melindungi tubuh dari ancaman obesitas. Tak hanya itu, studi sebelumnya juga menemukan peran FGF21 untuk melindungi sistem kardiovaskula.

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa tingkat FGF21 dalam sel epitel thymus jauh lebih tinggi dibandingkan yang terdapat dalam hati. Peningkatan FGF21 pada orang usia lanjut dan pasien kanker yang sedang menjalani transplantasi sumsum tulang belakang diprediksi dapat menjadi strategi yang mendukung peningkatan produksi sel T. Dengan demikian mereka mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuhnya.

Para peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai fungsi FGF21 dan mempelajari bagaimana hormon ini dapat digunakan untuk melawan penuaan. Dengan fungsinya sebagai pengurang asupan kalori dan pencegah obesitas, memungkinkan FGF21 dapat menjadi alat berharga untuk memelihara tubuh untuk sehat lebih lama.

Sumber            : http://www.medicaldaily.com

Hormon Yang Bisa Membuat Hidup Lebih Lama, FGF2
Tagged on: