Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kehamilan palsu (pseudocyesis)

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

kehamilan palsu

Kehamilan biasanya merupakan waktu yang menarik bagi calon orang tua. Tetapi kehamilan tidak selalu berakhir dengan diantisipasi bayi. Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang wanita (atau bahkan seorang pria) percaya dia hamil, hanya untuk mengetahui bahwa gejala disebabkan bukan oleh kehamilan, tetapi karena sesuatu yang lain.
Kehamilan palsu, secara klinis disebut pseudocyesis, adalah keyakinan bahwa Anda mengharapkan bayi ketika Anda tidak benar-benar membawa seorang anak. Orang dengan pseudocyesis memiliki banyak, jika tidak semua, gejala kehamilan – dengan pengecualian yang sebenarnya janin. Kondisi yang tidak biasa ini menyumbang 1-6 dari setiap 22.000 kelahiran hidup. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan laki-laki dapat memiliki kehamilan palsu. Beberapa pria mengalami fenomena terkait dikenal sebagai Couvade , atau kehamilan simpatik.Mereka akan mengembangkan banyak gejala yang sama seperti mitra hamil mereka, termasuk berat badan , mual , dan sakit punggung.

Apa Penyebab Kehamilan Salah?

Hanya baru-baru ini dokter mulai memahami masalah psikologis dan fisik yang merupakan akar dari pseudocyesis. Meskipun penyebab pastinya masih belum diketahui, dokter menduga bahwa faktor psikologis mungkin mengelabui tubuh untuk “berpikir” bahwa itu hamil.
Ketika seorang wanita merasa keinginan yang kuat untuk hamil , yang mungkin karena infertilitas, ulangi keguguran, akan datang menopause, atau keinginan untuk menikah, tubuhnya dapat memproduksi beberapa tanda-tanda kehamilan (seperti perut yang membengkak, membesar payudara, dan bahkan sensasi gerakan janin). Wanita otak kemudian menafsirkan sinyal tersebut sebagai kehamilan, dan memicu pelepasan hormon (seperti estrogen dan prolaktin) yang mengarah ke sebenarnya gejala kehamilan.
Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa kemiskinan, kurangnya pendidikan, pelecehan seksual masa kanak-kanak, atau masalah hubungan mungkin memainkan peran dalam memicu kehamilan palsu.Memiliki kehamilan palsu tidak sama dengan mengaku hamil untuk manfaat (misalnya, untuk keuntungan finansial), atau memiliki delusi kehamilan (seperti pada pasien dengan skizofrenia).

Gejala Kehamilan Palsu

Wanita yang mengalami pseudocyesis memiliki banyak gejala yang sama seperti orang-orang yang benar-benar hamil, termasuk:

  • Gangguan haid
  • Perut bengkak
  • Membesar dan lembut payudara, perubahan pada puting, dan mungkin produksi susu
  • Perasaan gerakan janin
  • Mual dan muntah
  • Berat gain

Gejala-gejala ini dapat berlangsung selama beberapa minggu, selama sembilan bulan, atau bahkan beberapa tahun. Sebuah persentase yang sangat kecil dari penderita kehamilan palsu akan tiba di kantor dokter atau rumah sakit dengan apa yang terasa seperti nyeri persalinan .
Untuk menentukan apakah seorang wanita mengalami kehamilan palsu, biasanya dokter akan mengevaluasi gejala nya, melakukan pemeriksaan panggul dan perut USG- tes yang sama digunakan untuk merasakan dan memvisualisasikan bayi yang belum lahir selama kehamilan normal.
Dalam kasus kehamilan palsu, tidak ada bayi akan terlihat pada USG , dan ada tidak akan ada detak jantung. Kadang-kadang, bagaimanapun, dokter akan menemukan beberapa perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan, seperti rahim yang membesar dan melunak serviks. Urine tes kehamilan akan selalu negatif dalam kasus ini, dengan pengecualian kanker langka yang memproduksi hormon yang mirip dengan kehamilan.
Kondisi medis tertentu dapat meniru gejala-gejala kehamilan, termasuk kehamilan ektopik , morbid obesitas , dan kanker. Kondisi ini mungkin perlu dikesampingkan dengan tes.

Mengobati Kehamilan Salah

Ketika seorang wanita yakin ia sedang hamil, terutama selama beberapa bulan, itu bisa sangat menjengkelkan baginya untuk belajar bahwa dia tidak. Dokter perlu hati-hati menyampaikan kabar, dan memberikan dukungan psikologis, termasuk terapi, untuk membantu pasien yang mengalami pseudocyesis pulih dari kekecewaannya.

Sumber: http://www.webmd.com/baby/guide/false-pregnancy-pseudocyesis#1-3

Kehamilan palsu (pseudocyesis)
Tagged on:             

Leave a Reply