Kemampuan Intelektual dan Kecerdasan dipengaruhi oleh Genetik

| November 19, 2016 | 0 Comments

Apakah kemampuan intelektual dan kecerdasan dipengaruhi oleh gen genetik?

Apakah peran heritabilitas menentukan kemampuan intelektual kita? Apakah kecerdasan termasuk genetik? Simak bagian penjelasan gen dan temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam pelajaran berikut.

Banyak peneliti yang telah mempelajari bahwa kemampuan intelektual kita dipengaruhi oleh genetika. Kebanyakan orang percaya bahwa sejumlah besar gen masing-masing memainkan peran kecil dalam kemampuan intelektual kita, tetapi sulit untuk mengisolasi dan mengidentifikasi gen ini.

Bayangkan Anda memiliki sejumlah kalung dengan 20.000-25.000 manik-manik yang dirangkai sama. Sekarang bayangkan Anda mencari 3.000 manik-manik yang spesifik pada setiap kalung, tetapi Anda tidak yakin apa yang  terlihat mirip atau bahkan sama pada setiap kalung. Hal yang sama seperti menemukan gen yang mempengaruhi kemampuan intelektual kita.

Penelitian genetik ini juga dapat bertentangan karena kemampuan intelektual, atau kecerdasan, dianggap suatu sifat yang kompleks. Sebuah sifat kompleks adalah sifat yang dipengaruhi oleh banyak faktor genetik dan lingkungan yang berbeda. Karena kemampuan intelektual adalah sifat kompleks, sebagian peneliti mengakui bahwa bagian genetik dari intelijen kita tidak bisa sepenuhnya lepas dari pengaruh lingkungan kita masing-masing pengalaman. Meskipun peneliti mengakui peran penting lingkungan, studi menunjukkan tingkat signifikan heritabilitas dalam kemampuan intelektual.

Heritabilitas

Heritabilitas merupakan variabilitas genetik berasal. Diturunkan diukur dengan nilai antara 0 dan 1. heritabilitas 1 akan menunjukkan bahwa semua variasi genetik di asal. Heritabilitas 0 akan menunjukkan bahwa tidak ada variasi genetik di asal. Tergantung pada studi penelitian Anda memeriksa, kemampuan intelektual memiliki heritabilitas diperkirakan antara 0,4 dan 0,8. Kebanyakan peneliti setuju untuk heritabilitas untuk kemampuan intelektual yang adalah sekitar 0,5. Ini berarti bahwa bukti menunjukkan genetik kita memainkan peran penting dalam kecerdasan.

Kembar dan Studi Adopsi

Beberapa bukti yang paling meyakinkan untuk komponen genetik untuk kemampuan intelektual disediakan oleh studi anak kembar. Para peneliti telah melakukan banyak studi yang membandingkan IQ anak kembar fraternal dan IQ kembar identik. Kembar identik berasal dari telur dibuahi yang sama. Karena itu, mereka berbagi 100% dari DNA yang sama. kembar fraternal hanya berbagi 50% dari DNA yang sama karena mereka berasal dari dua telur dibuahi terpisah.

kembar identik ditemukan memiliki skor IQ yang lebih mirip daripada skor IQ kembar fraternal. Ini bahkan benar ketika kembar identik yang dibesarkan di rumah tangga yang terpisah. Penemuan ini cukup dapat dikaitkan dengan DNA. Ini berarti bahwa kita dapat mengasumsikan bahwa faktor genetik  dapat mempengaruhi untuk kemampuan intelektual yang sama pada kembar identik.

Para peneliti juga telah memberikan bukti untuk heritabilitas intelijen melalui studi adopsi. Skor IQ anak-anak yang diadopsi telah ditemukan untuk menjadi lebih dekat terkait dengan orang tua biologis mereka meskipun lingkungan mereka cocok dengan orang tua angkat mereka.

kesalahpahaman

Ada beberapa kesalahpahaman tentang genetika dan kemampuan intelektual. Misalnya, seseorang mungkin akan dituntun untuk percaya bahwa dua orang tua dengan IQ yang lebih tinggi akan menghasilkan anak-anak dengan kecerdasan yang sama atau lebih tinggi. Ini tidak selalu benar. Teori regresi terhadap mean sebenarnya menunjukkan bahwa orang tua yang berada di ekstrim tinggi atau rendah akhir suatu sifat akan memiliki anak-anak yang lebih dekat dengan rata-rata untuk sifat itu.

Ini mungkin lebih mudah untuk memvisualisasikan jika Anda berpikir tinggi bukan kecerdasan. Mari kita mengatakan bahwa tinggi rata-rata adalah 5 kaki. Jika seorang pria dan wanita yang sama-sama 6 kaki tinggi memiliki anak, anak lebih cenderung lebih pendek dari 6 kaki tinggi dan lebih dekat dengan rata-rata 5 kaki. Jika seorang pria dan seorang wanita yang baik 4 kaki tinggi memiliki anak, anak cenderung lebih tinggi dari mereka. Dengan cara ini, ketinggian rata-rata dipertahankan genetik. Rata-rata kecerdasan dipertahankan dengan cara ini juga.

Sumber:http://study.com/academy/lesson/is-intelligence-genetic-genes-influence-on-intellectual-abilities.html&usg=ALkJrhhfqEVA3GAvj4k6lMQ1PQ9urfxGXg

 

 

Tags: , , , , , , ,

Category: General health, Molecular Diagnostic

About the Author ()

Leave a Reply