obesitas

Minum Air Es: Apakah Membuat Gemuk?

Minum air es sendiri terkadang disalahartikan dengan mengonsumsi es sirup, es cincau, es cendol maupun es krim. Yang dimaksudkan dengan es pada pertanyaan ini adalah air dingin yang berasal dari kulkas atau pun air dengan es batu. Dari sudut pandang sports therapy sendiri air es sah-sah saja untuk dikonsumsi asalkan suhunya tidak terlalu dingin karena akan menyebabkan terjadinya perubahan suhu yang terlalu berlebihan dan mengganggu sistem pencernaan.

Pertanyaan itu berasal dari pengalaman saat makan makanan berlemak ditemani minum air es. Suhu dingin akan menyebabkan lemak makanan akan membeku didalam tubuh dan berpotensi menyebabkan penyakit. Pemecahannya adalah mengganti air es dengan teh panas, mengingat lemak tersebut akan larut akibatnya hangatnya teh tadi.

Padahal ada bagian yang terlewatkan di sini yaitu suhu di dalam tubuh kita lebih tinggi daripada di permukaan kulit. Ini mengakibatkan semua makanan berlemak akan terlarut saat masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh. Lagipula lemak yang dilarutkan oleh teh hangat tetap saja akan masuk ke dalam usus dan diserap juga oleh tubuh.

Dengan demikian tidak ada masalah apa pun dengan minuman yang kita pilih. Yang terpenting adalah apakah kita mau mengurangi makanan berlemak tersebut agar terhindar dari masalah obesitas?

www.biozatix.com

Minum Air Es: Apakah Membuat Gemuk?