Biozatix News  – informasi popular life science dan kedokteran

molecular diagnosticKanker kolorektal adalah kanker dengan peringkat keempat terbanyak yang diderita pria dan wanita. Erbitux (Cetuximab) dan Vectibix (Panitumumab) adalah obat yang berbasis pada antibody EGFR yang digunakan sebagai target terapi metastatic colorectal cancer (mCRC). Sekitar 40% pasien mCRC memiliki mutasi pada gene KRAS di sel tumornya. Tumor dengan mutasi KRAS di kodon 12 atau 13 bersifat resisten terhadap terapi EGFR. Oleh karena itulah terapi EGFR pada mCRC yang menggunakan Erbitux® atau Vectibix®hanya direkomendasikan pada tumor yang tanpa mutasi.

RealLine KRAS Detect kit didesain untuk mendeteksi tujuh mutasi pada kodon 12 dan 13 gen KRAS yang terkait dengan resistensi terhadap terapi anti-EGFR. Mutasi-mutasi ini dideteksi  dengan allele specific real-time PCR. Dalam kit sudah termasuk :

– 7 mastermix spesifik untuk 7 mutasi

– 1 kontrol PCR mix

Produk PCR KRAS dideteksi dengan 5’-nuklease dengan menggunakan probe berlabel FAM. Berbeda dengan reagen untuk deteksi KRAS, PCR Mix mengandung probe internal control yang berkorespondensi dengan primer yang berlabel ROX. Internal control berfungsi untuk menguji ada tidaknya inhibitor PCR yang dapat menyebabkan hasil false negative.  PCR mix mengandung semua reagen kecuali Taq DNA polymerase yang tersedia dalam tabung yang berbeda. Dalam kit juga sudah tersedia kontrol positive DNA dengan mutasi gen KRAS dan kontrol negative DNA (DNA manusia tanpa mutasi pada gen KRASnya).

 

Bagaimana mendeteksi mutasi KRAS
Tagged on: