Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

By MIKE STOBBE – AP Medical Write

Sebuah studi baru menunjukkan adanya hubungan antara bahan kimia yang digunakan dalam kemasan makanan dengan obesitas pada anak-anak, namun para peneliti mengatakan bahwa penemuan mereka bukanlah satu-satunya penyebab. Dimana kebanyakan orang dengan adanya kandungan sisa bahan kimia pembuat plastic dalam tubuh mereka, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan kadarnya yang tinggi dalam urine cenderung lebih banyak mengalami obesitas daripada yang kadarnya rendah.

Masih banyak faktor yang dapat menjelaskan hasil ini, dan banyak alasan mengapa anak-anak memiliki berat badan tinggi, kata para peneliti.

Bahan kimia yang dimaksud adalah BPA atau bisphenol A, yang telah digunakan sejak tahun 1960-an dan digunakan untuk membuat plastic, kemasan makanan, pinggiran besi dan alat-alat medis. Para kelompok pecinta lingkungan khawatir bahan tersebut berpengaruh pada perkembangan anak, dan tahun ini FDA mengumumkan bahwa bahan tersebut harus dihilangkan dari botol susu dan mangkuk bayi.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat menyebabkan obesitas, gangguan metabolism dan membantu memperbesar sel lemak. Hasil studi juga menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara kadar BPA urine dan penyakit yang berhubungan dengan obesitas pada orang dewasa, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

Study terbaru menunjukan hubungan BPA dan obesitas pada anak