Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

Potential new treatment for metastatic colon cancer

Bagaimana caranya sel tumor membuat jalur sinyal untuk metastasis? Peneliti di Technische Universität München’s (TUM) Klinikum rechts der Isar and Helmholtz Zentrum München telah membuat penemuan penting pada area ini dengan mengkaji kanker kolon. Mereka mempelajari bahwa sel tumor mengeluarkan protein tertentu yang bernama chemokine. Dalam kasus sel kanker kolon metastatic, chemokine dikenal dengan CCL2. Chemokine CCL2 tertambat di sel dari dinding dalam pembuluh darah (sel endotel) dan mengaktivasi reseptor terkait (CCR2 receptor). Hubungan ini membuat sel endotel menjadi permeabel lalu membuat jalur yang jelas untuk sel tumor.

Professor Mathias Heikenwälder dari TUM’s Institute of Virology menjelaskan bahwa sel tumor menggunakan trik jitu untuk bermigrasi : “ sel tumor mengecoh sel endotel dengan  memancarkan sinyal yang digunakan oleh sel yang sehat.” Saat ini, penelitian banyak difokuskan pada sel makrofag yang terkena efek chemokine tumor. “ dengan mengerti peran chemokine receptor dalam kaitannya dengan sel endotel maka kita berpotensi memperoleh treatment baru untuk kanker.”

“Mengukur jumlah chemokine juga memungkinkan kita untuk menggambarkan dengan jelas bagaimana tumor primer dapat menyebar ke organ-organ lain dan memprediksi resiko metastasis pada pasien,” lanjut Heikenwälder. “lebih dari  itu, pilihan untuk memblok chemokine receptor CCR2 pada sel endotel dapat memberikan cara baru bagi dokter untuk mencegah metastasis baik sebelum maupun sesudah operasi.”

Untuk penelitian mereka, para peneliti menggunakan jaringan kanker kolon dan cell line kanker kolon dari mencit dan manusia. Langkah selanjutnya akan melibatkan detil yang lebih besar dan bagaimana konsep baru tersebut dapat ditransfer juga ke tipe kanker yang lain.

Source : Technische Universitaet Muenchen

Bagaimanakah cara sel tumor berkembang?