Bahayakah Minum Kopi Setiap Hari ?

coffein-HPLC-analysis

Biozatix-News : Informasi Populer Sains Teknologi dan Kesehatan

Menurut penelitian terbaru, minum secangkir kopi setiap hari atau dua cangkir sebenarnya bisa baik untuk jantung. Pooling hasil dari lima penelitian konsumsi kopi dan risiko gagal jantung, yang diterbitkan antara 2001 dan 2011, Penelitian yang dipimpin oleh Dr Murray Mittleman di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston melaporkan dalam jurnal Circulation: Bahwa peminum kopi biasa memiliki resiko lebih rendah gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi.

Diantara 140,220 peserta yang termasuk dalam analisa, mereka yang minum 4 – 5 kopi dengan versi eropa (setara dengan 2 cangkir kopi di Amerika) memiliki resiko gagal jantung 11% lebih rendah selama masa penelitian dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Mereka yang mengkonsumsi kopi lebih sedikit memiliki resiko gagal jantung yang lebih besar yakni hanya 4%, demikian pula dengan mereka yang mengkonsumsi 9 – 10 cangkir per hari dimana resiko gagal jantung akan meningkat.

Temuan mengenai pedoman pencegahan gagal jantung, yang menunjukan bahwa kopi dapat membahayakan jantung mungkin perlu di tinjau ulang kembali, Meskipun ada keyakinan umum bahwa konsumsi kopi yang rutin dapat membahayakan kesehatan jantung, penelitian menunjukan hal yang sebaliknya.

Minum Kopi dpat menambah Umur?

“Hasil ini sangat memuaskan, karena banyak orang dengan gagal jantung atau hipertensi disarankan untuk minum kopi,” kata Dr Elizabeth Ross, juru bicara American Heart Association (AHA), yang tidak terlibat dalam studi. AHA saat ini merekomendasikan kopi dalam jumlah sedang – satu sampai dua cangkir sehari – untuk pasien jantung.

Hasil yang semakin banyak mengenai penelitian tentang manfaat potensial kopi bagi kesehatan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah diabetes, kanker dan stroke. Data menunjukkan, misalnya, bahwa orang yang minum lebih dari enam sampai tujuh cangkir kopi sehari memiliki 35% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang minum dua cangkir atau kurang sehari. Dan karena tipe 2 diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung, peminum kopi juga dapat mendapati masalah jantung lebih kecil . Dalam sebuah studi tahun 2009 yang melibatkan 83.000 perempuan, mereka yang minum 1-2 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang kurang minum. Penelitian lain menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko sampai 65% lebih rendah untuk terserang gangguan saraf seperti penyakit Parkinson atau Alzheimer.

Bahayakah Minum Kopi Setiap Hari ?
Tagged on: