Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

pancreasPenyakit gusi dan kanker pancreas mungkin saja berhubungan satu dengan yang lainnya, hal ini berdasarkan penemuan dari British Dental Health Foundation.

Hasil studi menunjukkan bahwa beberapa tipe bakteri tertentu yang ada dalam pembentukan penyakit gusi berhubungan dengan resiko dua kali lebih tinggi pada perkembangan kanker pancreas. Di sisi lain, bakteri mulut/oral yang tidak berbahaya ternyata muncul pada 45% penurunan resiko kanker pancreas. Hasil studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa laki-laki dengan riwayat penyakit gusi memiliki 64% resiko lebih tinggi daripada yang tidak.

Para ahli mengatakan bahwa mereka tidak dapat menerima bahwa penyakit gusi meningkatkan resiko kanker pancreas, namun mereka mengatakan bahwa hasil penelitian terbaru tersebut menunjukkan adanya hubungan yang penting diantara keduanya. Dimana, belum jelas apakah bakteri tertentu yang ditemukan di gusi adalah penyebab atau hasil dari kanker pancreas.

Chief Executive of the British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter OBE, mengatakan bahwa meskipun hanya sedikit sekali kejadian yang meunjukkan hubungan antara kanker pancreas dan penyakit gusi, namun hal ini seharusnya sudah cukup untuk mengingatkan betapa pentingnya kesehatan mulut itu.

Written by Christine Kearney

Copyright: Medical News Today

Bakteri pada mulut memiliki hubungan dengan resiko kanker pankreas