Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

Breast cancerPara peneliti di Cardiff University sedang mengembangkan senyawa baru yang diketahui dapat membalikkan penyebaran sel-sel ganas kanker payudara.

Sebagian besar kematian yang diakibatkan oleh kanker terjadi akibat penyebaran progresif ke organ vital, yang dikenal sebagai metastasis. Beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa para peneliti telah mengidentifikasi adanya peran penting gen potensial penyebab kanker, Bcl3, pada kanker payudara metastatik yang sebelumnya tidak diketahui.

Dr. Richard Clarkson dari Cardiff University’s European Cancer Stem Cell Research Institute menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan oleh timnya menunjukkan bahwa menekan gen tersebut dapat mengurangi penyebaran kanker lebih dari 80%. Beliau menambahkan bahwa tujuan penelitian berikutnya adalah menemukan cara untuk menekan Bcl3 secara farmakologi. Meskipun penelitian tersebut menunjukkan adanya perbaikan yang besar dalam terapi awal kanker payudara, akan tetapi terapi untuk pasien kanker metastatik stadium akhir masih terbatas. Oleh karena itu ada kebutuhan klinis yang jelas belum terpenuhi yakni mengidentifikasi obat baru untuk membalikkan atau setidaknya memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Clarkson dan timnya bergabung dengan peneliti Dr. Andrea Brancale dan Dr. Andrew Westwell dari the School of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, untuk mengembangkan inhibitor kimia kecil dari gen Bcl3. Dibantu dengan pemodelan komputer untuk mengetahui fungsi gen Bcl3 dalam sel, dan kemampuan mengidentifikasi situs aktif pada permukaan Bcl3. Dengan skrining virtual menggunakan perangkat lunak paling canggih, mereka mengidentifikasi kandidat senyawa obat yang berpotensi menghambat Bcl3. Senyawa tersebut kemudian diujicobakan pada tikus dengan penyakit metastasis. Efek yang dihasilkan menunjukkan bahwa obat benar-benar menghambat perkembangan tumor metastasis tikus.

Dengan dukungan dana dari Tiziana Pharmaceuticals, penelitian yang sekarang dilakukan adalah untuk meningkatkan senyawa tersebut untuk uji klinis. Tujuannya adalah untuk mengembangkan agen terapeutik yang mampu menghentikan/memblokir penyakit metastasis pada kanker payudara dan berbagai jenis tumor.

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia elisa kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, cancer diagnostics.

Experimental Breast Cancer Drug Targets Metastasis