Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

alat kedokteranPepatah ‘Anda adalah apa yang Anda makan’ telah ada selama bertahun-tahun. Sekarang, penelitian baru yang penting memberikan alasan lain untuk berhati-hati dengan kalori Anda.

Ahli saraf di NYU Langone Medical Center telah menunjukkan bahwa diet kalori rendah menghentikan kenaikan dan penurunan tingkat aktivitas hampir 900 gen yang terkait dengan penuaan dan pembentukan memori di otak.

Dalam presentasi yang disiapkan untuk Society for Neuroscience pertemuan tahunan di Washington, D.C, pada 17 November, para peneliti mengatakan hasil eksperimen mereka, yang dilakukan pada tikus betina, menunjukkan diet dengan kalori rendah yang berasal dari karbohidrat kemungkinan mencegah beberapa aspek penuaan dan penyakit kronis pada mamalia, termasuk pada manusia.

“Studi kami menunjukkan bagaimana pembatasan kalori praktis mempengaruhi tingkat ekspresi gen yang terlibat dalam fenotipe penuaan – dimana beberapa gen menentukan perilaku tikus, orang, dan mamalia lainnya dalam proses penuaan,” kata peneliti studi senior dan NYU Langone neuroscientist, Stephen D. Ginsberg, PhD. Ginsberg memperingatkan bahwa studi ini tidak berarti pembatasan kalori adalah “obat ajab untuk penuaan,” tetapi itu “menambah bukti bagaimana peran diet terhadap penundaan efek penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia.”

Sementara diet ketat telah terkenal selama beberapa dekade untuk memperpanjang kehidupan tikus dan mamalia lainnya, efeknya pada manusia belum dipahami dengan baik. Manfaat diet ini telah disebut-sebut, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung manusia, hipertensi, dan stroke, catatan Ginsberg, namun dampak genetik luas pada memori dan wilayah belajar otak penuaan belum dipahami sepenuhnya. Studi sebelumnya, ia mencatat, hanya menilai dampak diet pada satu atau dua gen pada satu waktu, tetapi analisis yang kami lakukan meliputi lebih dari 10.000 gen.

Ginsberg, seorang profesor di NYU Langone dan afiliasinya Nathan S. Kline Institute for Psychiatric Research, mengatakan penelitian “membuka pintu untuk mempelajari lebih jauh ke pembatasan kalori dan anti-penuaan secara genetik.”

Untuk penelitian ini, tikus betina, yang seperti orang-orang lebih rentan terhadap demensia dibandingkan laki-laki, diberi makan pelet makanan yang memiliki kalori 30 persen lebih sedikit daripada yang diberikan kepada tikus lain. Jaringan di analisis di daerah hipokampus, daerah otak yang paling awal terkena pada penyakit Alzheimer, yang dilakukan pada tikus dewasa tengah dan akhir untuk menilai perbedaan dalam ekspresi gen dari waktu ke waktu.

Sumber: NYU

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia elisa kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi.

Diet calori rendah memperlambat penuaan