Biozatix News  – informasi popular life science dan kedokteran

Dengan mengetahui bagaimana virus tertentu menggunakan sel inangnya untuk bereplikasi, mikrobiolog dari UC Irvine mengidentifikasi cara baru bagi perkembangan pengobatan umum penyakit yang disebabkan oleh virus seperti meningitis, encephalitis, hepatitis dan mungkin juga flu biasa. Para peneliti UCI bekerja sama dengan Dutch Colleagues menemukan bahwa virus RNA tertentu membajak kunci aktivitas perbaikan DNA  sel manusia untuk memproduksi materi genetic yang diperlukannya untuk menggandakan diri.

Dengan menargetkan fungsi sel inang yang diperlukan untuk replikasi virus dan bukan virus itu sendiri, tantangan resistensi  obat antivirus mungkin dapat dikesampingkan. Sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri, RNA virus bermutasi lebih sering, memerlukan terapi kombinasi yang menggunakan sejumlah agen antivirus.

Sebuah obat yang dapat memblok RNA virus dari pembajakan enzim perbaikan DNA dapat menghindarkan dari resistensi ini. Para peneliti berencana untuk menskrining campuran beberapa kandidat obat untuk menemukan satu jenis yang dapat menghambat proses ini dalam sel yang terinfeksi oleh human rhinovirus, penyebab flu umum terbanyak.

Ditemukan cara baru memerangi penyakit yang disebabkan oleh virus