Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

Tahukah anda bahwa 1 dari 10 orang takut terhadap jarum suntik? Memang benda kecil ini membuat banyak orang ketakutan, namun demikian telah ditemukan jarum suntik yang tidak menimbulkan rasa sakit.

needle

Bagaimana menciptakan jarum suntik yang tidak sakit? Itulah ide di balik penelitian baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Anesthesiologists, yang menunjukkan bagaimana getaran dan tekanan diterapkan pada tempat suntikan tepat sebelum tembakan bisa mengurangi rasa sakit.

“Penelitian awal kami menunjukkan bahwa menggunakan perangkat yang berlaku tekanan dan getaran sebelum jarum suntik dapat membantu secara signifikan mengurangi sensasi menyakitkan dengan menutup ‘pintu gerbang’ yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak,” penulis utama studi William MacKay mengatakan dalam pers rilis.

Para peneliti juga melihat efek dari panas dan dingin, tetapi menemukan bahwa kombinasi dari tekanan dan getaran tampaknya memiliki efek pengurangan rasa sakit yang paling dramatis. (Menambahkan panas ke kombinasi tekanan dan getaran juga mengurangi rasa sakit, tetapi tidak dengan jumlah yang signifikan.)

Buat anda yang takut jarum suntik ini merupakan berita gembira.

 

Jarum suntik yang tidak sakit?
Tagged on: