Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

mikrotom medite

 

Mikrotom adalah instrumen mekanik yang digunakan untuk memotong spesimen jaringan menjadi lembaran yang sangat tipis untuk pemeriksaan mikroskopis, biasanya tebalnya hanya 4-5 micrometer. Biasanya, spesimen jaringan yang mau dipotong ditanam dalam blok parafin sehingga dapat dipegang oleh mesin microtom untuk proses pemotongan.

Pertama kali teknologi pemotongan mengunakan bahan segar dengan menggunakan pisau cukur yang tajam. Namun cara tersebut tidak memungkinkan untuk memperoleh hasil yang tipis dan konsisten. Pada jaman modern ini Mikrotom adalah instrumen yang paling sering dipakai untuk menghasilkan jaringan yang tipis dan seragam.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat membeli sebuah mikrotom yang baik, seperti:
1. jenis pisau yang digunakan, saat ini hampir semua mikrotom telah menggunakan disposible blade, namun ukuran dan jenis blade akan sangat mempengaruhi hasil pemotongan.
2. Karena target hasil pemotongan adalah 4-5 micrometer ( sebagai pembanding ujung silet kira-kira 100 micrometer) sangat tipis, maka terjadi pergeseran yang sangat-sangat kecil sudah akan mempengaruhi hasil pemotongan. oleh karena itu perhatikan merek dan reputasi pembuat mikrotom.
3. Resiko pemilihan mikrotom yang tidak baik adalah hasil potongan tidak seragam (sebagian tebal sebagian lagi tipis), bergelombang, terlalu tebal.
4. Daya tahan mikrotom, biasanya mikrotom dapat digunakan dalam waktu yang lama apabila kualitas mikrotom baik serta digunakan dengan cara yang benar.

logo-medite

Bagaimana Memilih Mikrotom?