Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

Sakit kepala? Nyeri punggung? Adalah tanda-tanda nyeri, dan Anda mungkin memerlukan obat penghilang nyeri. Analgesik adalah obat yang paling banyak digunakan dan meskipun dapat menghilangkan rasa nyeri namun dapat menyebabkan kerusakan telinga.

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Brigham and Women’s Hospital (BWH), wanita yang mengkonsumsi ibuprofen atau acetaminophen dua kali atau lebih setiap minggu mengalami peningkatan gangguan pendengaran. Selain itu, hubungan antara obat-oabtan ini dan gangguan pendengaran semakin besar pada wanita yang berumur kurang dari 50 tahun, terutama bagi yang mengkonsumsi ibuprofen enam kali atau lebih tiap minggunya. Tidak ada hubungan antara penggunaan aspirin dan gangguan pendengaran.

“Mekanisme yang mungkin terjadi adalah NSAID dapat mengurangi aliran darah ke koklea sehingga menganggu fungsinya,” kata ketua tim peneliti Sharon G. Curhan, MD. “Acetaminophen dapat menghilangkan faktor yang menjaga koklea dari kerusakan.”

Lebih dari 50 persen orang dewasa di Amerika menderita gangguan pendengaran dengan semakin meningkatnya umur sehingga mencapai 60 tahun. Sepertiganya adalah wanita berusia sekitar 50 tahun dan hampir duapertiganya pada usia 60 tahun. Menurut WHO, gangguan pendengaran pada orang dewasa adalah penyakit dengan beban terbesar keenam di Negara-negara berpendapatan tinggi.

Source: Bringham and Women’s Hospital Thursday, September 13, 2012

 

Obat penghilang rasa sakit menyebabkan ketulian pada wanita