DRG hybrid XL2

Biozatix News – informasi sains teknologi dan kesehatan

Selama ini, penuaan dipandang sebagai masa penurunan fisik, kognitif dan fungsi psikososial secara progresif, dan penuaan dipandang sebagai masalah kesehatan nomor satu yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, terutama masyarakat negara maju.  Namun pandangan negatif mengenai penuaan ini bertolak belakang dengan hasil studi komprehensif dari 1006 orang dewasa di San Diego hasil penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of California.

Hasil studi menunjukkan bahwa daya tahan dan depresi memiliki keterkaitan penting pada bagaimana tingkat penuaan dini seseorang bisa berhasil, dengan efek yang dapat dibandingkan dengan kesehatan fisik. “ Meskipun semakin tua umur berhubungan dekat dengan melemahnya fungsi kognitif dan fisik, namun hal ini juga berhubungan dengan fungsi mental yang semakin membaik,” kata ketua peneliti Colin Depp, Ph. D.

Setelah melihat kisaran umurnya, semakin tinggi tingkat kesuksesan penuaan berhubungan dengan semakin tingginya pendidikan, fungsi kognitif yang semakin baik, kesehatan mental dan fisik yang semakin baik, berkurangnya depresi dan semakin besarnya optimism dan daya tahan. Hasil studi menunjukkan bahwa orang dengan fungsi fisik yang rendah namun memiliki daya tahan yang baik, memiliki tingkat kesuksesan penuaan yang sama dengan orang yang memiliki fisik yang sehat namun daya tahan rendah. Demikian halnya dengan orang yang memiliki fungsi fisik yang rendah namun tidak atau dengan depresi minimal memiliki nilai yang sebanding dengan orang sehat fisik dengan tingkat depresi yang sedang maupun parah.

Source: University of California, San Diego

Rahasia menjadi tua: Paradox menjadi tua, semakin tua, semakin merasa baik