Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

Laboratorium patologi anatomi di rumah sakit sangat membutuhkan peralatan yang handal, untuk mendukung layanan analisa patologis dari jaringan pasien maupun analisa-analisa lain seperti imunohistokimia, sitology, dll. Pada saat pengadaan peralatan laboratorium patologi anatomi dari berbagai macam merek dan supplier, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

Medite TES Valida
Medite TES Valida

1. Estimasi lama pengunaan alat yang akan dibeli

Estimasi lama penggunaan alat sangat dibutuhkan karena dalam banyak kasus, alat-alat laboratorium patologi anatomi akan mengalami pergeseran atau bagian tertentu mengalami aus sehingga alat tidak presisi. Karena alat laboratorium patologi anatomi membutuhkan tingkat presisi yang tinggi, sebagai contohnya mikrotom yang harus memotong jaringan 3-5 mikron, maka alat yang akan dibeli harus bisa tahan dalam waktu yang lama dan dibuat dengan bahan yang sulit mengalami korosi atau keausan.

2. Perawatan dan layanan purna jual

Pelayanan purna jual sangat penting untuk memastikan umur layanan alat yang akan dibeli, hal ini sangat ditentukan oleh kesiapan penjual untuk mendukung layanan purna jual.

3. Fitur spesifik yang dimiliki oleh alat laboratorium patologi anatomi yang akan dibeli

Dalam banyak kasus, alat yang ditawarkan memiliki banyak fitur-fitur yang kelihatan sangat canggih, namun kami berpendapat lebih baik focus pada fitur-fitur yang paling dibutuhkan oleh laboratorium patologi anatomi. Misalnya untuk mikrotom, yang paling penting adalah kemampuan mikrotom untuk memotong jaringan dengan konsisten dan akurat, bukan hanya untuk jangka pendek namun dalam jangka panjang.

Setiap alat yang dibeli tentu memiliki fitur spesifik yang harus diperhatikan, misalnya:

  • Hot plate : sangat penting memperhatikan keseragaman suhu pada setiap bagian pada permukaan hot plate, banyak sekali hot plate yang panas bigian tengah dan ditepi tidak panas. Faktor kedua adalah range suhu, ada hot plate yang bekerja pada range +/- 5 derajat Celsius ( 10 derajat celcius) dan ada yang range suhu hanya +/- 1 derajat celcius. Untuk beberapa aplikasi jaringan harus di process pada suhu yang stabil, sehingga pembelian alat yang keliru maka alat tidak dapat digunakan.
  • Embedding Center, untuk memroses jaringan menjadi blok, kemampuan alat untuk mencapai suhu yang dibutuhkan serta konsistensi suhu sangat penting, karena paraffin yang digunakan tidak mengalami pembekuan dan alat mengalami penyumbatan.
  • Mikrotom, adalah alat dengan kebutuhan presisi yang tinggi, karena jaringan yang dipotong sangat tipis, hanya berkisar 3-5 mikron
Tips Memilih Alat Laboratorium Patologi Anatomi

One thought on “Tips Memilih Alat Laboratorium Patologi Anatomi

  • November 30, 2015 at 12:21 AM
    Permalink

    Permisi, Dimana saya dapat membeli mikrotom dan bagaimana caranya?
    terimakasih

Comments are closed.