Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kesehatan

antibodi
antibody

Antibodi  atau sering disingkat Ab, juga dikenal sebagai immunoglobulin (Ig), adalah protein berbentuk Y yang diproduksi oleh sel plasma, digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan menetralisir benda asing seperti bakteri dan virus. Antibodi mengenali bagian yang unik dari target asing, yang disebut antigen. Setiap ujung “Y” dari antibodi berisi paratope (struktur analog yang berfungsi seperti kunci) yang spesifik untuk satu epitop tertentu (sama analog dengan anak kunci) pada antigen, yang memungkinkan kedua struktur untuk mengikat bersama-sama dengan presisi. Menggunakan mekanisme ini maka, antibodi dapat mengikat mikroba atau sel yang terinfeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, atau bisa menetralisir target secara langsung (misalnya, dengan memblokir bagian dari mikroba yang penting untuk invasi dan kelangsungan hidup ). Produksi antibodi adalah fungsi utama dari sistem kekebalan humoral.

Antibodi banyak digunakan untuk penelitian pada manusia maupun hewan, yang ditujukan untuk mengali informasi lebih banyak mengenai suatu penyakit atau mekanisme tubuh menghadapi serangan penyakit. antibody banyak digunakan untuk penelitian maupun diagnosis penyakit yang berhubungan dengan immunitas dan mekanisme kekebalan tubuh.

Biozatix Indonesia menyedikan berbagai macam antibodi yang dapat digunaka untuk berbagai tujuan baik untuk riset maupun diagnosis penyakit. Ketika akan membeli antibodi kami menyarankan beberapa tips atau saran yang mungkin bermanfaat buat anda:

  1. Anda harus mengecek metode test yang akan anda gunakan, karena tidak semua jenis antibodi yang tersedia di pasar telah dioptimasi untuk jenis test tertentu. Misalnya antibodi yang sudah ditest berjalan dengan baik di metodologi ELISA belum tentu cocok untuk imunohistokimia.
  2. Jenis sample yang digunakan juga menentukan antibody primer yang akan digunakan. Antibodi tetentu sangat bagus digunakan misalnya untuk frozen section, belum tentu bagus untuk jaringan FFPE.
  3. Species sample yang digunakan. Antibodi yang diproduksi atau dikembangkan pada mouse lebih baik tidak digunakan pada jaringan sample mouse, untuk menghindari cross reactivity dengan igG sample.
  4. Mengetahui kapan mengunakan antibody monoclonal dan antibody poloclonal.
  5. Pada umumnya ada dua jenis antibodi yang dijual, yang pertama adalah antibodi konsentrat, antibodi ini masih dalam bentuk konsentrasi sehingga harus diencerkan pada saat akan digunakan. Sedangkan yang kedua adalah telah diencerkan atau sering disebut antibodi ready to use, jenis ini bisa langsung dipakai tanpa harus diencerkan lagi.
  6. Apabila anda membeli antibody konsentrat, pelajari datasheet dengan teliti cairan dilusi (pengencer) yang harus dipakai untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  7. Antibodi konsentrat biasanya lebih tahan lama apabila disimpan pada suhu yang disarankan, dibandingkan antibodi yang telah diencerkan.

Untuk informasi lebih detail tentang antibody anda dapat menghubungi kami di info@biozatix.com atau mengunjungi website kami di http://www.biozatix.com

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH).

Beli Antibodi, Apa yang harus diperhatikan?
Tagged on: