Biozatix News – informasi popular life science dan kedokteran

Sebuah varian gen terlibat dengan inflamasi dan respon imun berhubungan dengan penurunan resiko kanker paru-paru. Hal ini merupakan penemuan dari sebauh analisis yang dipublikasikan dalam jurnal online CANCER.

Meredith Shiels, PhD, MHS dan Anil Chaturvedi, PhD, dari National Cancer Institute di Rockville, MD,beserta teman-temannya menganalisa 1429 varian dalam inflamsi dan imunitas yang terkait dengan gen dari 378 pasien kanker paru-paru dan 450 kontrol orang sehat dari percobaan skrining kanker Prostate, Lung, Colorectal and Ovarian (PLCO).  Para peneliti mempelajari hubungan penting antara kanker paru-paru dan 81 single nucleotide polymorphisms (SNPs)yang terdapat di 44 gen. Kemudian mereka membandingkan dengan data completed genome-wide association studies (GWAS) terbaru yang menyertakan 5739 kasus kanker paru dan 5848 kontrol. Dari 81 SNPs, salah satunya yaitu yang disebut dengan rs4648127 dan berlokasi di gen NFKB1 menunjukkan hubungan dengan kanker paru-paru. SNP ini diperkirakan berubungan dengan penurunan 44% resiko kanker paru dan pada percobaan skrining kanker dan penurunan 21% resiko pada kombinasi analisis GWAS.

NF-κB, atau nuclear factor kappa B adalah protein yang dihasilkan di bagian dari gen NFKB1 yang diketahui memainkan peranan penting dalam imunitas dan inflamasi dengan cara mengatur ekspresi gen, kematian sel dan proliferasi sel.

Kanker paru-paru, hubungan variasi gen dan resiko kanker paru-paru