Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

antibody
antibody

Antibody adalah suatu zat yang berupa glikoprotein yang diproduksi pada sel limfosit-B atau sering disebut B-Cell, yang berfungsi sebagai mekanisme untuk menangkal atau melawan paparan virus atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Biasanya antibodi terdapat dalam darah, antibodi memiliki bagian yang disebut sebagai antigen yang berfungsi untuk mengenali antigen dari virus atau zat asing yang masuk kedalam tubuh. Antibodi terbentuk dari dua bagian besar yaitu heavy chain dan light chain.

Terdapat beberapa jenis antibody yang di bedakan menurut posisi isomer pada rantai carbon, kelima jenis antibody ini adalah  IgG, IgM, IgA, IgD dan IgE. Kelima jenis antibody tersebut memiliki fungsi dan struktur yang berbeda-beda.

IgG dapat mengikat beragam patogen, seperti virus, bakteri, fungi dengan dua rantai epitop dan melindungi tubuh dengan cara aglutinasi dan immobilization.

Pada serum normal, IgM sering dijumpai mengikat antigen tertentu, meski tidak terdapat imunisasi sebelumnya. Oleh sebab itu IgM sering disebut sebagai “antibodi alami” (en:natural antibody).

IgA banyak ditemukan pada bagian sekresi tubuh (liur, mukus, air mata, kolostrum dan susu) sebagai sIgA (en:secretory IgA) dalam perlindungan permukaan organ tubuh yang terpapar dengan mencegah penempelan bakteri dan virus ke membran mukosa.

IgD berperan dalam mengendalikan produksi autoantibodi sel B

IgE memiliki peran yang besar pada alergi terutama pada hipersensitivitas tipe

Antibodi banyak digunakan dalam dunia kedokteran untuk mendiagnosis penyakit baik yang dikarenakan infeksi maupun untuk beberap jenis kanker, dengan metode serologi atau immunohistochemistry.

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH).

 

Mengenal Antibody