Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kesehatan

microskop handphoePeneliti UCLA telah mengembangkan mikroskop tanpa lensa yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kanker atau kelainan pada sel lainnya dengan tingkat akurasi yang sama bahkan lebih besar dibandingkan dengan mikroskop optik yang mahal. Penemuan ini bisa menyebabkan harga mikroskop menjadi lebih murah dan bisa dibawa kemana saja (portable), untuk pemeriksaan jaringan, darah dan spesimen biomedis lainnya. Ini akan sangat berguna buat daerah terpencil atau dalam kasus di mana sejumlah besar sampel harus diperiksa dengan cepat.

Mikroskop tanpa lensa ini adalah pengembangan terbaru dalam serangkaian penelitian tentang pencitraan komputasi dan perangkat diagnostik yang dikembangkan di laboratorium Aydogan Ozcan, Profesor Teknik Elektro dan Bioengineering di UCLA Henry Samueli School of Engineering and Applied Science and a Howard Hughes Medical Institute. Lab Ozcan sebelumnya telah mengembangkan smartphone dan aplikasi yang dirancang khusus untuk analisis sampel makanan untuk alergen, sampel air untuk logam berat dan bakteri, penghitungan jumlah sel darah, dibantu Google Glass untuk memproses hasil tes diagnostik.

Mikroskop tanpa lensa ini adalah penemuan pertama yang daoat menghasilakan pencitraan jaringan 3-Dimensi – yang sangat dibutuhkan untuk diaknosis penyakit. “Ini adalah tonggak sejarah baru,” kata Ozcan, yang juga merupakan direktur dari UCLA California NanoSystems Institute. “Ini adalah pertama kalinya sampel jaringan dicitrakan dengan teknologi 3D menggunakan mikroskop tanpa lensa.”

Penelitian ini telah dipublikasikan di the American Association for the Advancement of Science.

Perangkat ini bekerja dengan menggunakan laser atau light-emitting diode- sebagai sumber cahaya pada sampel jaringan atau darah yang telah ditempatkan pada slide yang dimasukkan kedalam alat ini. Serangkaian sensor pada microchip – yang juga digunakan dalam kamera digital, termasuk kamera ponsel – menangkap dan mencatat pola bayangan yang diciptakan oleh sampel. Perangkat memproses pola-pola ini sebagai suatu rangkaian hologram, membentuk gambar 3-Dimensi dari jaringan yang diamati. Sebuah kode algoritme warna direkonstruksi, perbedaan kontras dan dapat digunakan untuk mendetaksi kelainan dengan mudah.

Tim Ozcan menguji perangkat menggunakan positive slide Pap smear, positive slide kanker payudara serta positive slide anemia sel sabit. Dengan blind test, beberapa ahli patologi menganalisis set gambar spesimen yang telah diciptakan oleh teknologi tanpa lensa dan dibandingkan dengan mikroskop konvensional. Diagnosis patologis gambar mikroskopis tanpa lensa terbukti akurat 99 persen.

Sumber: UCLA

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH).

Mikroskop Tanpa Lensa, Penemuan baru Untuk mendeteksi Kanker Pada Tingkat Seluler
Tagged on: