biocare

Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

Patologi anatomi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosa suatu penyakit didasarkan pada pengamatan secara mikroskopis, kimia, immunologi dan molekuler atas organ, jaringan dan sel. Ada beberapa teknik pemeriksaan di laboratorium patologi anatomi diantaranya pemeriksaan Histologi (morfologi jaringan) atau Sitologi (Morfologi sel). Adapun metode pemeriksaannya bisa dengan pewarnaan dasar (PA basic) seperti pewarnaan hematoxylin maupun pewarnaan khusus dengan menggunakan antibody tertentu yang dikenal dengan sebutan Immunohystochemistry (IHC) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Immunohistokimia (IHK).

  1. Sediaan untuk Pemeriksaan Sitologi

Pada pemeriksaan sitologi yang diperiksa morfologi sel-sel cairan tubuh. Sediaan atau disebut juga preparat dibuat berupa apusan pada objek glass yang diwarani dengan pewarnaan tertentu misalnya : pewarnaan pappanicolou. Pewarnaan pappaniolou umumya digunakan untuk pewarnaan Papsmear (tapi terkadang ada juga selain papsmear diwarnai dengan metode ini). Adapun bahan yang digunakan dalam pewarnaan ini adalah Harris Hematoxylin, Ea-50 dan OG-6. Reagent untuk pappanicolou ini tersedia di pasaran dengan macam-macam brand, misalnya BBC Biochemical dari USA.

  1. Sediaan untuk Pemeriksaan Histologi

Umumnya dalam pewarnaan histopatologi digunakan pewarnaan Hematoxylin-Eosin (HE) disamping pewarnaan khusus (PAS, gomori, ZN, Malory, dll) dan pewarnaan yang lebih khusus dengan menggunakan antibodi-antibodi tertentu yaitu immunohistokimia (ER, PR, CD20, LMP, dll). Reagent dan antibodi untuk immunohistokimia banyak terdapat di pasaran misalnya brand Biocare Medical dari USA.

Patologi Anatomi
Tagged on: