Medax

Biozatix News – informasi populer sains teknologi dan kesehatan

Kapan suatu Biopsi dibutuhkan:

Biopsi akan dilakukan jika terdapat suatu gambaran Mammografi (MMG) atau Ultrasonografi (USG) yang mencurigakan (Tidak Normal)

Apa persiapan yang harus dilakukan?

Anda harus menghentikan segala macam konsumsi obat yang membuat pembekuan darah terganggu seperti aspirin, Coumadin dan nonsteroidal anti-inflammatory Drugs (NSAIDs).

Apa intrepetasi hasil pemeriksaan ini?

Bila hasil pemeriksaan dinyatakan normal, maka tidak ada kelainan atau keganasan pada jaringan yang diambil. Tapi bila hasil biopsi dinyatakan abnormal, bukan berarti anda terkena kanker. Hasil abnormal berarti ada kelainan pada jaringan yang bisa berarti jinak atau ganas jadi tanyakan pada dokter anda intrepetasi yang lengkap.

Needle biopsy medax
Apa yang dimaksud dengan biopsi?

Biopsi adalah pengambilan potongan kecil jaringan tubuh yang memiliki kelainan untuk diperiksa. Pemeriksaan dapat dilakukan di bawah mikroskop oleh ahli patologi atau dengan cara lain seperti analisa kromosom dll. Dengan pemeriksaan mikroskop, ahli patologi dapat menilai hingga ke tingkat sel untuk menentukan apakah jaringan ini kanker atau tidak. Kasus kanker payudara saat ini dapat ditegakkan tanpa melakukan tindakan operasi

Kapan dilakukan pemeriksaan Biopsi?

Dapat dilakukan bila ada kecurigaan pada massa atau jaringan tubuh kearah keganasan atau kanker. biopsi jaringan juga dapat dilakukan untuk menilai kecocokan organ yang akan ditransplantasikan dengan penerima donor.

Ada Berapa Jenis Pemeriksaan Biopsi:

  1. Biopsi Jarum halus/ fine needle aspiration (FNA)
  2. Core Biopsi (Core Needle)
  3. Biopsi Vakum (Mammotome)

Semua Tindakan diatas kecuali biopsi jarum halus dilakukan dengan bantuan pembiusan setempat (lokal) dan dapat dilakukan diklinik sebagai tindakan “one day care” (tanpa harus rawat inap).Apakah biopsi jaringan ini 100% tepat?

Bila pengambilan sampel tepat dan pemeriksaan sampel jaringan dilakukan oleh ahlinya, maka biopsi insisional dan biopsi eksisional hampir 100% tepat. Tetapi khusus untuk biopsi jarum, maka kemungkinan meleset hanya 2-5 kasus dari 100 kasus kanker. Bila hasil biopsi jarum meragukan, maka dokter biasanya akan mengambil tindakan biopsi jaringan.

Info lebih lengkap kunjungi web kami: www.biozatix.com

Mengapa Harus Biopsy Payudara?
Tagged on: