Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan Kesehatan

microscopePara ilmuwan di Vetmeduni Wina, the Medical University of Vienna, Ludwig Boltzmann Institute for Cancer Research, dan perusahaan Tissuegnostics, bersama-sama membuat software yang andal untuk diagnosis kanker dengan cara khusus, yaitu mengidentifikasi struktur sel dan protein. Mereka melakukan studi dengan menggunakan perangkat lunak yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Ketika harus memutuskan terapi kanker apa yang dibutuhkan pasien, para ahli patologi biasanya menganalisis organ dan jaringan di bawah mikroskop, namun data menunjukan bahwa dua patolog independen hanya setuju satu sama lain untuk satu kasus dari setiap tiga kasus yang didiagnosa. “Kami mengamati ada tergantung yang relatif tinggi terhadap patolog yang menganalisa, meskipun patolog bersangkuran sudah sangat terlatih dibidangnya,” komentar Dr. Lukas Kenner, salah satu peneliti utama dalam studi ini, menulis kepada DOTmed News.

Software – Histoquest 4.0 – tidak dimaksudkan untuk menggantikan patolog melainkan bertindak sebagai teknologi tambahan untuk meningkatkan keandalan diagnosis kanker.

Untuk penelitian ini, para ilmuwan menganalisis 30 karsinoma sel hati dengan perangkat lunak TissueFAXs imaging system dan dikategorikan kedalam “negatif” atau “sangat positif”. Perangkat lunak ini menggunakan algoritma dan fotografi digital yang sangat sensitif, yang membuatnya lebih sensitif dalam menunjukkan matriks sel dan inti sel dibandingkan dengan mata manusia, dengan mikroskop khusus.

“Kami percaya bahwa peningkatan ketepatan diagnosis dapat digunakan untuk meningkatkan akurasi pengobatan dan lebih penting menghindari siklus pengobatan yang tidak bermanfaat,” tulis Kenner. “Dengan demikian, pasien akan mendapat perlakuan dengan obat paling cocok, dan tumor atau penyakit akan lebih mudah untuk diatasi.”

Software ini akan merevolusi personalized medicine untuk kanker dan akan mendapatkan keuntungan dari meningkatnya jumlah obat yang dapat menargetkan molekul tunggal.

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH).

Saftware baru Diagnosis Kanker HistoQuest 4.0
Tagged on: