Biozatix News: Informasi Popular Sains Teknologi dan Kesehatan

cancer metastasisIlmuwan AS telah menemukan bagaimana sel-sel tumor yang meniru pembuluh darah dapat menyebabkan kanker payudara menyebar ke seluruh tubuh.

Tim di Cold Spring Harbor Laboratory (CSHL) di New York yang memfokuskan diri pada penelitian proses ‘Peniru Vaskular’, yaitu di mana sel-sel kanker membentuk jaringan yang menyerupai tabung yang mirip dengan pembuluh darah. Mekanisme peniru pembuluh darah, menyebabkan penyebaran tumor ke bagian lain dari tubuh menjadi lebih cepat, dangan cara mensuply oksigen dan nutrisi kepada tumor.

Mereka juga mengidentifikasi dua gen yang memproduksi protein yang disebut Serpine2 dan SLPI. Protein ini membantu menjaga pasokan darah ke tumor payudara pada tikus. Dr Alan Worsley, juru bicara Cancer Research UK, mengatakan bahwa dua molekul protein membantu mencegah darah dari pembekuan.

“Hal ini memungkinkan oksigen dan nutrisi untuk mencapai tumor dan membantu sel-sel tumor masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke bagian lain dari tubuh,” katanya.

Gen yang sama juga telah ditemukan dalam keadaan aktif pada pasien yang kankernya telah menyebar ke paru-paru.

Ketika para peneliti menurunkan jumlah Serpine2 atau SLPI yang terdapat pada sel-sel kanker payudara, maka jumlah sel kanker yang berhasil lolos ke bagian lain dari tubuh juga menurun.

Diharapkan pengendalian dua protein ini bisa mencegah penyebaran kanker payudara dan akhirnya mengarah pada pengembangan pengobatan baru.

Namun Dr Worsley memperingatkan bahwa penelitian ini masih pada tahap awal.

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature.

Sumber: Cancer Research UK

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat- alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH), alat core biopsy.

Sel Kanker Payudara Bisa Menyebar dengan Meniru Pembuluh Darah
Tagged on: