starr trek promo buy one get one free 2015-01

Biozatix News: Informasi Popular Sains Teknologi dan Kedokteran

Sebuah tim peneliti Harvard Medical School di Massachusetts General Hospital telah mengidentifikasi apa yang mungkin menjadi biomarker untuk memprediksi perkembangan sepsis, infeksi sistemik yang berbahaya pada pasien dengan luka bakar serius.

Sepsis merupakan penyebab utama kematian di antara pasien dengan luka bakar serius. Di antara pasien yang luka bakar lebih dari 20 persen dari permukaan tubuh, sepsis menyebabkan tingkat kematian hingga 30 persen. Setiap 6 jam keterlambatan dalam diagnosis sepsis mengurangi kemungkinan bertahan hidup sebesar 10 persen. Karena gejala sepsis yang mirip dengan peradangan sistemik yang terjadi di hampir setiap pasien luka bakar yang serius, mendiagnosis sepsis bergantung pada kultur bakteri dari darah, sebuah proses yang memakan waktu 12 sampai 24 jam.

sepsisKetika sel-sel darah putih yang disebut neutrofil melewati perangkat mikofluida, gerakan mereka secara signifikan berubah 2-3 hari sebelum terjadi sepsis, yang dapat memberikan sinyal yang sangat dibutuhkan untuk diagnosis sepsis secara dini. Para peneliti melaporkan temuan mereka dalam jurnal akses terbuka PLoS ONE.
“Neutrofil adalah sel darah putih yang besar melindungi kita terhadap infeksi, dan individu yang sehat memiliki tentara 25 miliar beredar neutrofil siap untuk melawan patogen,” jelas Daniel Irimia, HMS asisten profesor bedah di Mass General dan penulis yang sesuai dari laporan PLOS SATU. “Tes darah yang paling umum digunakan untuk mengevaluasi kemampuan pasien untuk melawan infeksi adalah jumlah neutrofil absolut, didasarkan pada asumsi bahwa, seperti tentara terlatih, neutrofil selalu cepat, disiplin dan efektif dalam mengejar target mereka, yang berarti bahwa ukuran ‘tentara’ neutrofil adalah yang terpenting. Pekerjaan kami menantang asumsi itu dan menunjukkan bahwa, bahkan ketika jumlah neutrofil tidak berubah, tentara dapat jatuh ke dalam kekacauan dan menjadi tidak efektif. ”

Untuk menyelidiki kemungkinan ini, tim peneliti merancang perangkat mikofluida dengan saluran yang lebih kecil dari diameter neutrofil untuk mempelajari gerak sel terhadap sinyal kimia. Kecepatan dan ketekunan gerak sel diukur dengan alat ini, dengan memberikan hambatan, untuk melihat kemampuan neutrofil mengubah arah, dengan adanya sepsis.

Dengan melihat pergerakan neutrofil, diharapkan dapat menemukan cara mendeteksi sepsis secara dini dan bermanfaat untuk menolong pasien luka bakar serius.

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat-alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia elisa kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping.

 

Memprediksi Sepsis pada pasien luka bakar