Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kenapa Penurunan trombosit sangat diperhitungkan dalam demam berdarah Dengue (DBD) ?

Apa itu Trombosit  ?

Trombosit darah juga dikenal sebagai keping darah, trombosit memainkan peranan yang penting dalam tubuh kita. fragmen sel ini adalah sumber alami dari pertumbuhan dan berperan dasar dalam proses hemostasis (mencegah pendarahan dari pembuluh darah yang rusak) .

Trombosit merupakan sel darah yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah normal.  Trombosit berasal dari sel-sel yang dikenal sebagai megakaryocytes, yang ditemukan di sumsum  yang berperan penting untuk pembekuan darah normal.

Apa yang terjadi Jika Trombosit Berkurang ?

Jumlah trombosit yang normal dalam tubuh manusia adalah 150000-450000 mikro liter. penurunan  trombosit dalam jumlah sedikit  tidak memberikan kontribusi pada penyakit tetapi ketika terjadi penurunan trombosit di bawah 50.000 per mikro liter maka dapat terjadi trombositopenia. dimana jumlah trombosit yang rendah pada demam berdarah bisa sangat berbahaya.

Jika tidak ada cukup trombosit, risiko yang tidak terkendali atau berkepanjangan pendarahan meningkat. Ketika ada terlalu banyak trombosit dalam darah, dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah abnormal, kondisi serius dan mengancam jiwa.

Banyak yang tahu bahwa trombosit yang rendah itu berbahaya, namun tidak banyak yang mengetahui apa penyebab trombosit turun  dan juga efek bahaya bagi tubuh jika kadar trombosit jauh di bawah nilai normal.

Alasan untuk jumlah trombosit yang rendah pada demam berdarah adalah sebagai berikut.

  • virus dengue adalah penyebab utama pada penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang menginduksi penekanan sumsum tulang.  sumsum tulang adalah pusat manufaktur sel darah jika terkena virus dengue dapat menyebabkan kekurangan sel darah yang megakibatkan jumlah trombosit yang rendah, hal ini dapat memicu masalah lainnya seperti anemia dan pendarahan hebat yang spontan.  hal tersebut merupakan faktor resultan lain dari penekanan sumsum tulang.
  • Studi penelitian menunjukkan bahwa virus dengue bahkan dapat mengikat trombosit darah manusia pada antibodi yang spesifik degan virus.
  • Ketika sel endotel vaskular yang terinfeksi virus dengue akan dikombinasikan dengan trombosit mereka cenderung untuk menghancurkan trombosit. Ini adalah salah satu penyebab utama dari jumlah trombosit yang rendah pada demam berdarah.
  • Bahkan antibodi yang dihasilkan setelah infeksi virus dengue dapat berkontribusi dalam perusakan trombosit, sehingga menurunkan jumlah trombosit.

jumlah trombosit yang rendah pada demam berdarah dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa dan dikenal sebagai demam berdarah dengue yang dikategorikan oleh kecenderungan perdarahan spontan dan shock.

Sumber: http://www.onlymyhealth.com/cause-low-platelet-count-in-dengue-fever-1301653922

 

Trombosit dalam Demam Berdarah Dengue (DBD)
Tagged on:                 

Leave a Reply