Biozatix News – Informasi Popular Sains Teknologi dan KedokteranBV Blue

Keputihan erat kaitannya dengan Bakteri Vaginosis (BV), bakteri Vaginosis adalah infeksi ringan pada vagina yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti: Gardenella, bacteroides spp, provotella spp, and mobiluncus spp. Bakteri ini menyerang alat reproduksi seperti: hubungan seksual yang kurang sehat, dan kebersihan vagina yang kurang terjaga.

Biasanya penyebab utama keputihan adalah pertumbuhan berlebih dari bakteri anaerob dan organisme gardnerella dalam vagina. Pada dasarnya vagina yang sehat terdiri dari sejumlah kecil dan seimbang dari bakteri dan mikroorganisme. Tapi ketika keseimbangan vagina terganggu oleh pertumbuhan berlebih mereka, bakteri pelindung yang disebut laktobasilus yang bertindak sebagai desinfektan alami tidak mampu mempertahankan keseimbangan yang sehat bakteri dan mikroorganisme dalam vagina yang akhirnya menghasilkan bakteri vaginosis.

Pemeriksaan sebaiknya dilakukan sebelum merencanakan kehamilan, karena jika terjadi setelah kehamilan, tidak bisa diobati saat itu juga. Masalah keputihan sangat berpengaruh pada wanita hamil karena dapat meyebabkan beberapa hal, seperti:

  1. Abortus/ keguguran (lahir cepat)
  2. Prematuritas (lahir kurang bulan/ lahir cepat)
  3. Pos partum endometritis ( infeksi pada endometrium/selaput lendir rahim)
  4. Berat badan lahir rendah (BBLR)
  5. Chorioamnionitis (infeksi bakteri masuk lewat plasenta)

Untuk itu diperlukan diagnosa yang tepat dan cepat supaya pengobatannya dapt ditangani dengan cepat.

Anda bisa mendeteksi secara dini Vaginosis dengan test BV Blue, hubungi www.biozatix.com atau info@biozatix.com

Masalah Keputihan pada wanita Hamil,,Bahayakah???