Jenis-Jenis jarum Biopsi?

Ada berbagai jenis jarum biopsi dan hampir semua cara biopsi melibatkan penggunaan alat tajam untuk mengambil sejumlah kecil jaringan. Jika biopsi pada bagian kulit atau daerah sensitif lainnya, obat mati rasa sering kali harus diberikan.

Berikut adalah beberapa jenis biopsi:

  1. Needle Biopsy (Biopsi jarum). Kebanyakan biopsi adalah biopsi jarum, yang berarti jarum yang digunakan untuk mengakses jaringan yang mencurigakan.
  2. CT-guided biopsy (biopsi dipandu CT scan). Pasien dibaringkan di CT-scanner; monitor CT scan akan membantu dokter menentukan posisi yang tepat, untuk mengarahkan jarum biopsi ke jaringan yang dituju.
  3. Ultrasound-guided biopsy (Biopsi yang dipandu Ultrasound). Scanner USG membantu dokter mengarahkan jarum ke paosisi jaringan yang dicurigai sebagai kanker.
  4. Bone biopsy (Biopsi tulang). Biopsi tulang digunakan untuk mencari kanker tulang. Hal ini dapat dilakukan dibantu dengan alat CT scan atau teknik bedah ortopedi.
  5. Bone marrow biopsy (Biopsi sumsum tulang). Sebuah jarum biopsi yang berdiameter cukup besar digunakan untuk menembus tulang panggul, dan mengambil sumsum tulang. Biasanya biopsi sumsum tulang digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker darah seperti leukemia atau kanker limfoma.
  6. Liver biopsy (Biopsi hati). Sebuah jarum biopsi disuntikkan ke hati melalui kulit di perut, untuk mengambil jaringan hati. Biasanya dengan jarum yang didesign secara khusus untuk meminimalisasi trauma pada hati.
  7. Kidney biopsy (Biopsi ginjal). Mirip dengan biopsi hati, jarum biopsi disuntikkan melalui kulit di bagian belakang, ke ginjal.
  8. Aspiration biopsy (Biopsi aspirasi). Sebuah jarum biopsi yang berfunsi untuk menyedot massa cairan tumor atau kanker. Biopsi aspirasi paling sering dibunakan untuk menyedot massa tumor limphoma atau tyroid, prosedur sederhana ini juga sering disebut aspirasi jarum halus (FNA atau fine-needle aspiration).
  9. Prostate biopsy ( Biopsi prostat). Biopsi prostat biasanya diambil dari beberapa posisi dari kelenjar prostat. Untuk mencapai kelenjar prostat, jarum biopsi dibantu dengan alat bantu untuk dimasukkan ke dalam rektum.
  10. Skin biopsy (Biopsi kulit). Biopsi kulit merupakan salah satu metode biopsi utama. Menggunakan pisau berbentuk lingkaran untuk mendapatkan sampel silinder dari jaringan kulit.
  11. Surgical biopsy (Biopsi bedah). Biopsy terbuka (open biopsy) juga sering dipakai untuk mengambarkan biopsi bedah. Operasi terbuka atau laparoskopi mungkin diperlukan untuk mendapatkan biopsi jaringan yang sulit dijangkau. Baik sepotong jaringan atau seluruh benjolan dari jaringan dapat diambil dengan metode ini.

Ada beberapa jenis jarum biopsi yang dipakai dan harus disesuaikan dengan jenis Biopsi yang akan dilakukan. untuk mempelajari lebih lengkap jenis alat Biopsi dan cara mengunakan silahkan ke website kami www.biozatix.com

Beberapa jenis Alat biopsi: Medax medcore, medax biofeather, Hepax, Epitheasy, Avangade, Automatic biopsy,

Reagensia untuk deteksi kanker –> Antibody: Sox2 , Arginase-1 , Estrogen Receptor (ER), CDH17, SOX11, CD7, CD20

Disclaimer: Biozatix Indonesia adalah distributor yang menyediakan alat- alat laboratorium, alat kesehatan, serta reagensia ELISA kits, immunohistochemistry (IHC),  antibody, reagensia deteksi immunohistochemistry, secondary antibody untuk ELISA dan immunohistochemistry, research grade chemical, western blot, HPLC colomn, alat patologi, HPV genotyping, Florescent in Situ Hybridization (FISH), alat core biopsy.

Ada berapa Jenis jarum Biopsi (type of biopsy needle)?